4 Tradisi Unik Pernikahan Jawa

Walau terlihat rumit, ternyata prosesi pernikahan adat Jawa sarat akan doa yang baik bagi kedua calon pengantinnya. Penasaran apa saja tradisi uniknya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

(Photo: BrideStory)

1. Siraman.

Tradisi ini melambang- kan bersih dan suci secara lahir dan batin bagi kedua mempelai pengantin sebelum menjalani kehidupan rumah tangga

2. Ngidak Endhog atau Injak Telur.

Prosesi ini dilakukan dimana sang mempelai pria menginjak telur ayam, setelah itu sang mempelai wanita membersihkan kaki mempelai pria dengan cara berlutut, kemudian sang pria juga akan membantu mempelai wanita untuk bangkit berdiri. Hal ini dilakukan agar kedua mempelai dapat mempunyai keturunan yang baik, dan sebagai simbol pasangan

yang saling menghargai satu sama lain.

3. Midodareni.

Berasal dari kata 'widodari' yang bermakna bidadari, Masyarakat Jawa tradisional percaya bahwa pada malam tersebut para bidadari dari kahyangan akan turun ke bumi untuk memberikan wahyu yang dapat menyempurnakan dan mempercantik sang mempelai wanita.

4. Kacar Kucur.

Tradisi ini merupakan simbolisasi sang mempelai pria sebagai pemberi nafkah keluarga dan mempelai wanita sebagai istri yang dapat mengelola harta dengan baik.

PT Kiki Puspa Dewi

Est. 1992